Translate

Sabtu, 25 April 2015

Ilmu Yang Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat adalah Ilmu yang dicari karena mengharap ridho dari Allah SWT.Disebut bermanfaat bila memiliki nilai kebaikan,baik bagi diri sendiri,orang lain maupun alam semesta.
Rasullullah bersabda:"Manusia yang paling keras siksanya dihari kiamat adalah seorang alim yang tidak memberikan manfaat pada imunya".dan kita juga sering mendengar "Sampaikanlah Walau Satu Ayat".
Menurut Imam malik r.a berkata:"yang bernama ilmu itu bukanlah kepandaian atau banyak meriwayatkan(sesuatu) melainkan hanyalah cahaya petunjuk yang diturunkan kedalam hati manusia.Adapun Ilmu itu untuk mendekatkan manusia kepada Allah dan menjauhkannya dari kesombongan.dan niscaya kita akan mendapatkan janji Allah: "Allah akan meninggikan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.(QS.ALMujadilah:11)
Bila kita menginginkan ilmu yang bisa menjadi amal sholeh hendaknya kita meluruskan niat dan berusaha menjadi hati kita.Hati yang bersih adalah hati yang terbebas dari ketamakan urusan duiawi dan tidak mendzalimi sesama.
Lalu bagaimana agar kita bersih dari Penyakit Hati???ada lima cara yaitu
1.Membaca Al Qur'an dan menelaah maknanya
2.Puasa
3.Sholat Tahajjud
4.Mendekatkan diri kepada Allah SWT diwaktu sahur
5.Bergaul dengan orang2 yang sholeh
Do'a untuk mencari Ilmu:
"Ya Allah Sesungguhnya Aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak berguna,hati yang tak pernah Khusu'(tenang),doa yang tidak didengar dan dari nafsu yang tidak pernah puas.

2 komentar:

  1. makasih pencerahannya mbak Aric, sangat bermanfaat dan menyejukkan hati :) happy blogging...

    BalasHapus
  2. yaampun mbak indri makasih banget dah mampir keblog yg masih baru ini mohon tinjauannya jika ad yang kurang ya

    BalasHapus