Translate

Minggu, 10 Mei 2015

Tanda-Tanda Akhir Zaman

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu, melainkan hari kiamat (yaitu) yang datang kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari Kiamat sudah datang? (QS Muhammad: 18).Kengerian pada hari itu adalah sesuatu yang tidak diketahui oleh umat manusia karena mereka belum pernah menghadapi sesuatu yang menyerupainya.Hanya Allah yang mengetahui tibanya waktu hari itu.Hari tersebut bisa mencekam orang-orang,cekaman ini akan amat menakutkan melebihi segala kengerian yang pernah ada di dunia.
Nabi Muhammad SAW, bersabda:
“Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum adanya sepuluh tanda-tanda kiamat, yaitu tenggelam di timur, tenggelam di barat, tenggelam di Jazirah Arab, adanya asap, datangnya Dajjal, Dabbah (binatang melata yang besar), Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari sebelah barat, keluar api dari ujung Aden yang menggiring manusia, dan turunnya Nabi Isa.” (H.R Muslim).
Menurut para ulama besar dalam Al-Qu'an dan hadist Rasul Tahapan-tahapan proses mendekatinya Kiamat besar (yaumal kiyamah) ada beberapa tahapan :

1. Kemunculan Imam Mahdi
Kemunculan Imam Mahdi bukan karena kemauan Imam Mahdi itu sendiri melainkan karena takdir Allah yang pasti berlaku. Bahkan Imam Mahdi sendiri tidak menyadari bahwa dirinya adalah Imam Mahdi melainkan setelah Allah SWT mengislahkannya dalam suatu malam, seperti yang dikatakan dalam sebuah hadist berikut:“Al-Mahdi berasal dari umatku, yang akan diislahkan oleh Allah dalam satu malam.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).Nabi SAW, bersabda:“Sungguh, bumi ini akan dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh, maka Allah SWT akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya seperti namaku, dan nama bapaknya seperti nama bapakku. Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi) telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pun dari tetesan airnya, dan bumi pun tidak akan menahan sedikit pun dari tanaman-tanamannya. Maka ia akan hidup bersama kamu selama 7 tahun, atau 8 tahun, atau 9 tahun. (HR. Thabrani)”.Imam Mahdi akan memimpin selama 7 atau 8 atau 9 tahun. Semasa kepemimpinannya Imam Mahdi akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezaliman hingga satu demi satu kedzaliman akan tumbang takluk dibawah kekuasaanya.
Kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi dan pasukannya akan membuat murka raja kezaliman (Dajjal) sehingga membuat Dajjal keluar dari persembunyiannya dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya.
Kekuasaan dan kehebatan Dajjal bukanlah lawan tanding Imam Mahdi oleh karena itu sesuai dengan takdir Allah, maka Allah SWT akan menurunkan Nabi Isa dari langit yang bertugas membunuh Dajjal. Imam Mahdi dan Nabi Isa akan bersama-sama memerangi Dajjal dan pengikutnya, hingga Dajjal mati ditombak oleh Nabi Isa di “Pintu Lud” dalam kompleks AL-Aqsa.
Imam Mahdi itulah yang akan mengajak umat manusia kembali ke jalan yang benar. Tugas pertama Al Mahdi adalah mengobarkan perang pemikiran(Ghazwul Fikri) di dalam dunia Islam dan mengembalikan umat Muslim yang telah jauh dari intisari Islam sejati, menuju iman dan akhlak sesungguhnya.

2. Kemunculan Dajjal
 DAJJAL adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi. Dia bukan jin atau apajua makhluk lain selain sebagai manusia yang ditangguhkan ajalnya.
ayahnya seorang yang tinggi dan gemuk. Hidungnya seperti Paruh burung.Sedangkan ibunya seorang perempuan gemuk dan banyak dagingnya. Menurut Imam Al Barzanji ada pendapat yang mengatakan bahwa asal keturunan ayahnya ialah seorang Dukun Yahudi yang dikenali dengan sebutan “syaqq”, sedangkan ibunya dari bangsa Jin. Ia hidup di zaman Sulaiman dan memiliki hubungan dengan makhluk halus. Lalu oleh Nabi Sulaiman ia akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Namun kelahiran dan kehidupan masa kecilnya tidak diketahui dengan jelas.
Karakteristik sosok badannya.“Rasulullah saw telah bersabda, ‘Dajjal adalah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia memiliki surga dan neraka. Nerakanya itu adalah surga dan surganya pula adalah neraka,’” (Hadits Shahih Muslim).“Dan sesungguhnya Dajjal itu bermata satu; sebelah matanya tidak nampak. Di antara kedua matanya tertulis “kafir” yg terbaca oleh setiap mu’min yg mengerti baca-tulis ataupun tidak.”(HR Ahmad).Hadits ini mengingatkan kita akan suatu simbol yang tertera pada lembar uang kertas satu dollar Amerika Serikat (one dollar bill). Di dalamnya kita lihat sebuah gambar yang disebut sebagai The Great Seal (Meterai Yang Agung). Gambar ini sarat makna dan isyarat. Kata-kata berbahasa Latin Novus Ordo Seclorum berarti the New World Order (Tatanan Dunia Baru).Menurut riwayat yang sahih yang disebutkan dalam kitab “Shahih Muslim”, bahwa Dajjal sudah ada sejak beberapa lama. Ia dirantai di sebuah pulau dan diawasi oleh seekor binatang yang bernama “Al-Jassasah”. Saat ini jelaslah sudah bahwa Dajjal itu telah ada dan ia menunggu masa yang diizinkan oleh Allah untuk keluar menjelajah permukaan bumi ini dan tempat “transitnya” itu adalah di sebelah Timur, bukan di Barat.
Salah satu persoalan yang perlu mendapat perhatian serius tentang huru-hara menjelang kiamat adalah fenomena Fitnah Duhaima’. Duhaima’ yang bermakna kelam atau gelap gulita merupakan satu fitnah yang mengiringi kedatangan Dajjal.Fitnah Duhaima’ yang tidak membiarkan ada seseorang dari umat ini kecuali dihantamnya. Jika dikatakan : ‘Ia telah selesai’, maka ia justru berlanjut, di dalamnya seorang pria pada pagi hari beriman, tetapi pada sore hari men­jadi kafir. Jika itu sudah terjadi, maka tunggulah kedatangan Dajjal pada hari itu atau besoknya.
Dijelaskan dalam hadits Fathimah binti Qais Radhiyallahu anhuma, bahwa Dajjal mengatakan, “Lalu aku bisa keluar. Aku akan berjalan di muka bumi, maka tidak akan aku tinggalkan satu kampung pun kecuali aku singgah kepadanya dalam waktu empat puluh malam, selain Makkah dan Thaibah (Madinah al-Munawarah), keduanya diharamkan untukku, setiap kali aku hendak masuk ke salah satu darinya, maka Malaikat akan menghadangku dengan pedang yang terhunus yang menghalangiku untuk memasukinya, dan di setiap lorong darinya ada Malaikat yang menjaganya.
Dan telah tetap (pada sebuah riwayat) bahwasanya Dajjal tidak akan memasuki empat masjid: Masjidil Haram, Masjid Madinah, Masjid ath-Thuur, dan Masjidil Aqsha.
Rasulullah saw. Kemudian beliau bersabda: ”Sungguh fitnah yang terjadi di antara kalian lebih aku takuti dari fitnah Dajjal, dan tiada seseorang yang dapat selamat dari rangkaian fitnah sebelum fitnah Dajjal melainkan akan selamat pula darinya (Dajjal). (HR Ahmad).
Dan tiada fitnah yang dibuat sejak adanya dunia ini ,baik kecil ataupun besar,kecuali dalam rangka menyongsong fitnah Dajjal.

3. Turunnya Nabi Isa as.
Mengapa yang turun adalah Nabi Isa? Bukan para Nabi yang lainnya???“Bahwa hikmah dari yang turun adalah ‘Isa Ibnu Maryam, bukan para Nabi yang lain adalah untuk membatalkan dakwaan orang-orang Yahudi yang berkata bahwa mereka telah membunuhnya (‘Isa). Maka disini Allah memperlihatkan kebohongan mereka dan bahwasanya dialah yang akan membunuh mereka (orang-orang Yahudi tersebut).(Kitab Fathul Baari, kitab Ahadits Al Anbiya’, hal.493). Firman Allah: Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.(QS. An Nisa’: 159) .
Setelah Dajjal muncul dan melakukan perusakan dan penghancuran dimuka bumi.Allah mengutus Nabi Isa a.s untuk turun kebumi dimenara putih,ditimur Damsyiq,Syiria.Beliau akan turun pada kelompok yang diberi pertolongan oleh Allah yang berperang untuk menegakkan kebenaran dan bersatu padu menghadapi Dajjal.Lalu pemimpin mereka-mereka tadi mengatakan pada Isa, “Jadilah imam shalat bersama kami.” "Tidak". Sesungguhnya di antara kalian sudah menjadi pemimpin bagi yang lain. Allah betul-betul telah memuliakan umat ini”, jawab Isa.”
Mengetahui bahwa saat itu shalat didirikan, lalu Isa shalat di belakang seorang laki-laki yang shalih. Ketika Dajjal mengetahui turunnya Isa, dia kabur. Nabiyullah Isa mengejarnya sampai di Baitul Maqdis, sementara Dajjal telah mengepung sekelompok kaum muslimin. Lalu Isa memerintahkan mereka agar pintunya dibuka. Dajjal yang bersembunyi di belakangnya segera berlari, lalu Nabiyullah Isa mengejarnya dan menangkapnya di pintu Lud, termasuk wilayah Palestina, sebelah timur. Kemudian Isa membunuhnya beserta orang. orang Yahudi yang bersamanya.

4. Kemunculan ya'juj dan ma'juj

Dan diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhuma, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam:"Sesungguhnya Ya'-juj dan Ma'-juj dari keturunan Adam, dan sesungguhnya jika mereka diutus kepada manusia, niscaya akan merusak kehidupan mereka, dan tidaklah salah seorang dari mereka mati, kecuali meninggal-kan seribu keturunan dari mereka atau lebih".
 Adapun sifat-sifat mereka yang telah dijelaskan di berbagai hadits, yakni mereka menyerupai orang-orang yang sejenis dengan mereka dari kalangan bangsa Turk, orang ‘Ajam yang tidak fasih bicaranya, dan bangsa mongol, matanya sipit, berhidung pesek, berambut pirang, berdahi lebar, wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit, bentuk tubuh dan warna kulit me-reka mirip bangsa Turk.
 Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya kalian berkata tidak ada musuh sementara kalian senantiasa memerangi musuh hingga datang Ya':‘-juj dan Ma'-juj; bermuka lebar, bermata sipit, berambut pirang, mereka datang dari setiap arah, wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit".Dijelaskan dalam hadits an-Nawwas bin Sam’an Radhiyallahu anhuma, bahwa Allah Ta’ala mewahyukan kepada ‘Isa Alaihissallam dengan keluarnya Ya'-juj dan Ma'-juj, dan tidak ada seorang pun yang mampu membunuh mereka. Dan Allah memerintahkan ‘Isa Alaihissallam agar menjauhkan kaum mukminin dari jalan mereka, lalu Dia berkata kepada mereka, “Kumpulkanlah hamba-hamba-Ku ke gunung Thur.”Akan tetapi yang termasuk ke dalam tanda-tanda besar Kiamat -yaitu keluarnya Ya'-juj dan Ma'-juj di akhir zaman- belum terjadi sampai sekarang, karena hadits-hadits shahih menunjukkan bahwa kemunculan mereka terjadi setelah turunnya ‘Isa Alaihissallam. Beliaulah yang berdo’a kepada Allah untuk kehancuran mereka, sehingga Allah menghancurkan mereka, kemudian melemparkan mereka ke lautan, serta mengamankan negeri-negeri juga hamba-hamba-Nya dari kejahatan mereka.

5. Terbitnya matahari dari barat ke timur
"Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya, apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka semua mereka akan beriman, dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelum itu." (Riwayat Bukhari dan Muslim).Bila diteliti secara ilmiah, maka terbitnya matahari dari arah barat bisa jadi diakibatkan oleh karena rotasi planet-planet khususnya bumi, berbalik arah dari rotasi berlawanan arah jarum jam menjadi searah dengan jarum jam. Maka dengan begitu matahari akan tampak terbit dari arah barat.
Seandainya benar bahwa kelak rotasi bumi dan planet-planet berputar 360 derajat berlawanan, maka akan terjadi goncangan yg begitu dahsyat yg menimpa bumi ini layaknya roda yg berputar maju lalu serta merta roda tersebut dipaksa bergerak mundur. Itu semua berpengaruh setiap kehidupan di muka bumi ini.Apabila matahari telah terbit dari barat maka iman yang terjadi pada hari itu tidaklah berguna bagi orang yang sebelumnya musyrik atau kafir, tidak pula taubat yang dilakukan pada waktu itu bagi orang yang beriman tetapi sebelumnya dia melakukan kemaksiyatan, kebaikan yang dilakukan sesudah itupun tidaklah berguna.

6. Munculnya Binatang Melata( Dab'bat al-Ard )
 Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. (an-Naml: 82).Binatang ini bernama "Dābbat al-Ard"yang berarti binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam binatang ini sebagai salah satu tanda sebelum datangnya Hari Penghakiman.
Binatang melata ini akan keluar dari kota Mekkah dekat Gunung Shafa,ia akan berbicara dengan sangat fasih dan jelas. Binatang ini membawa tonngkat Musa dan Cincin Sulaiman.Ia akan memukul hidung orang kafir dengan tongkat itu dan akan mengusap wajah orang yang beriman dengan cincin itu.Sehingga mereka makan bersama, mereka akan saling mengenali orang yang beriman dan yang kafir.Binatang ini keluarnya pada waktu dhuha, sekitar jam 8 pagi. Keluarnya beriringan dengan terbitnya matahari dari arah barat, mungkin mataharinya duluan baru disusul binatang tersebut. Wallahu a’lam. Dia akan keliling dunia menemui semua manusia. Dia berbicara dan memberi tanda sesuai status mereka.
Tujuan Dikeluarkannya Binatang Bumi (Dabbatul Ardhi) Oleh Allah:
1. Berbicara (memperkatakan) kepada manusia bahwa:“Sesungguhnya manusia sudah tidak yakin dengan ayat-ayat Allah.”
2. Memberikan tanda-tanda atau cap di tiap-tiap wajah manusia dimana tanda-tanda itu akan
membuat wajah orang mukminin bercahaya dan akan menggelapkan wajah orang-orang
kafir.
3. Bahkan orang-orang yang berada di masjid yang paling terjaga dan terhormat yaitu Masjidil Haram, ia tidak akan berhenti dari kejaran mereka, ia akan memekik (bersuara) antara maqam Ibrahim dengan Hajarul Aswad (Ka’bah) sambil menebarkan tanah dari kepalanya,kemudian ia menghadap ke timur dan mengeluarkan suara keras yang melampaui segala penjurunya, kemudian ia
menghadap ke barat dan melakukan hal yang sama. Hal itu menyebabkan manusia terpisah darinya secara bersama-sama (cerai berai dan dengan berkelompok) sedangkan satu kelompok dari kaum Muslim akan tetap bersiteguh dan mereka telah mengetahui bahwa ia adalah binatang Allah sedangkan mereka tidak akan dapat mengalahkan Allah.Cukup bagi kita untuk meyakini saja bahwa binatang bumi benar-benar akan keluar di hari kiamat

7. Keluarnya Asap
  Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
“Maka tunggulah ketika langit membawa kabut yang nyata, yang meliputi manusia, inilah adzab yang pedih.”(Ad Dukhkhan: 10-11)

Jadi Allah SWT berfirman bahwa Asap/Kabut trsbut akn turun dari langit, maka bisa jadi asap tersebut bukan asap biasa melainkan asap yg khusus Allah turunkan untuk menghukum orang-orang kafir dan menguji orang-orang mukmin.dan bukan asap yg berasal dari jatuhnya salah satu benda langit seperti komet.Asap ini akan tetap ada selama 40 hari dan ia adalah peringatan untuk orang-orang kafir sebagai permulaan azab dan bencana bagi mereka.Setelah kemunculan asap ini maka akan datang angin yang lembut dari arah Yaman, ia akan mencabut arwah setiap Mu’min, dan ia tidak akan menyisakan kecuali jiwa-jiwa yang kafir, sebagai permulaan untuk penimpaan azab kepada mereka.

8.Terjadinya Gempa Bumi di Timur,Barat dan Semenanjung Arab
 Akhir-akhir ini banyak terjadi gempa bumi,apa yang sebenarnya terjadi???Gempa bumi yang mengakibatkan Tsunami yang ada di Aceh pada tahun 2004 telah mengubah hari bumi dan menggeser sumbu bumi,satu hari bumi sekitar 24jam.Selama setahun,panjang hari biasanya berubah secara bertahap sekitar satu milidetik,meningkat dimusim dingin dan ketika bumi berputar lebih lambat,dan berkurang pada musim panas.Gempa bumi di Chili yang jauh lebih kecil dari pada di Aceh ,efeknya lebih besar karena lokasinya yang terletak di bumi pertengahan garis lintang.Tetapi yang dimaksud gempa bumi ini yang secara merata dan terus menerus.Riwayat Abdullah bin Hawalah r.a,Rasulullah bersabda:"Wahai putra hawalha,jika engkau melihat perselisihan di tanah suci,maka telah dekat terjadinya gempa bumi,bala bencana,dan perkara-perkara yang besar dan hari kiamat pada waktu itu telah dekat kepada manusia dari pada kedua tanganku ini terhadap kepalamu. hadits-hadits pendukung tentang ini.HR: At-Thabrani dalam al-Ausath.
Di dalam al-Kitab, Wahyu 16: 18-20, “Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu, lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, maka teringatlah Allah akan Babel besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya. Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung”.

9.Api besar yang akan menghalau manusia kepadang mahsyar.Api itu akan bermula dari negeri yaman. Yaitu dari jurang Adn."Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman,menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul (H.R Muslim)
Bahwa ketika api itu menyebar(fitnah yang menyala-nyala bagai api),maka untuk pertama kalinya ia akan mengumpulkan penduduk bumi  yang berada di bagian timur.Hal itu diperkuat oleh kenyataan bahwa  permulaan fitnah selalu datang dari arah timur. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Hudzaifah bin Usaid ra berkata: Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya manusia itu akan dikumpulkan pada tiga kelompok: satu kelompok yang berkendaraan dan penuh, mereka makan dan berpakaaian; satu kelompok lagi berjalaan dan berlari, dan satu kelompok diseret mukanya oleh Malaikat dan digiring ke neraka. Lalu salah seorang dari mereka bertanya: dua kelompok ini sudah kaami kenal, maka bagaimana halnya orang-orang yang berjalan kaki dan berlari? Beliau menjawab: Alloh akan menimpakan penyakit pada binatang-binatang tunggangan hingga tidak ada yang tersisa, sehingga ada orang yang memiliki kebun yang bagus ditukarkan dengan onta yang dipekerjakan, namun orang itu akhirnya tidak dapat memilikinya.”
Cara api tersebut mengumpulkan manusia:
  • Kelompok yang penuh suka cita,mereka makan,mengenakan pakaian,dan menaiki kendaraan
  • Kelompok yang terkadang berjalan dan terkadang menaiki kendaraan,mereka semua saling bergantian dengan satu unta,sebagaimana dijelaskan dalam hadist,"Dua orang diatas unta, dan tiga orang diatas unta,"sampai Beliau bersabda"Dan sepuluh orang diatas kendaraan saling bergantian."
  • Kelompok yang digiring oleh api,mereka digiring api dari belakang, dan dari segala penjuru ketempat mereka dikumpulkan,barang siapa terlambat maka ia akan dimakan (di bakar)oleh api,sehingga mereka terpaksa tergiring ke bumi mahsyar di Syam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar